5 Makanan Khas Daerah Semarang

Semarang terkenal sebagai ibu kota Jawa Tengah yang menawarkan banyak kuliner khas. Makanan-makanan khas Semarang memang dikenal memiliki citarasa yang legit dan menggugah selera. Bila Anda akan berkunjung ke Semarang, maka Anda wajib mencoba kuliner khas yang ada disana. Berikut ini adalah 5 makanan khas daerah Semarang yang paling terkenal.

Nasi Goreng Babat
Nasi Goreng Babat merupakan makanan yang tidak boleh terlewatkan jika membahas tentang makanan khas Semarang. Sebenarnya proses pembuatannya sama saja, hanya saja ditambahkan babat gongso yang menjadi icon makanan ini. Babat sendiri merupakan bagian jeroan sapi rasanya sangat enak. 

Tahu Gimbal
Makanan berbumbu petis bukan lagi hal yang aneh di Semarang. Ada cukup banyak makanan dengan bumbu petis yang bisa Anda coba, salah satunya adalah Tahu Gimbal. Tahu Gimbal adalah makanan yang berisi potongan lontong, bakwan udan, kol dan tauge dalam satu piring. Ketika akan disajikan, makanan ini akan disiram dengan saus kacang berbumbu petis. Rasa yang dimiliki oleh makanan ini merupakan perpaduan antara manis, gurih dan asin. 

Burung Belibis
Dari namanya saja, makanan ini sudah sangat unik. Tidak dibuat dari daging bebek ataupun ayam, makanan ini dibuat dari olahan burung belibis. Tekstur dari burung belibis ini lebih empuk dibandingkan daging ayam. Makanan ini dimasak dengan api kecil dalam waktu yang lama sehingga bumbunya meresap hingga ke dalam. 

Nasi Pindang
Pindang memang nama dari sejenis ikan, meski demikian nasi pindang yang ada di Semarang bukan menggunakan daging pindang melainkan menggunakan daging sapi. Nasi pindang ini disajikan dengan rempah kluwek dan daun melinjo sehingga rasanya sangat kaya akan rempah. Makanan ini wajib Anda coba ketika datang ke Semarang. 

Wedang Tahu
Jika tidak ingin makanan berat, mungkin Anda bisa mencoba wedang tahu. Kuliner yang satu ini terbuat dari campuran gula jawa, jahe dan kembang tahu. Kembang tahu sendiri terbuat dari sari kedelai. Ketika memakan wedang tahu, Anda akan merasa hangat. Harganya pun sangat terjangkau sehingga bisa Anda coba ketika di Semarang. 

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »